Ini Dampak Langsung Tidur setelah Sahur

Langsung tidur setelah sahur? Memang nikmat, apalagi jika mata yang masih ngantuk ditambah perut yang kenyang. Tidur setelah sahur memang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang pada bulan puasa atau Ramadhan dan makan sahur langsung tidur juga tidak melanggar hukum atau ketentuan dalam berpuasa. Namun perlu diktehui ada bahaya yang mengancam kesehatan jika melakukan kebiasaan tidur setelah makan sahur. Berikut Bahaya Setelah Makan Sahur Langsung Tidur:

Peningkatan Resiko Stroke
Meningkatnya resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau kita tidur setelah sahur. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Perut Menjadi Buncit
Perut akan jadi buncit karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut kita. Demikian kata Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin

Terjadinya Refluks
Ini terjadi karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur

Heartburn
Merupakan sensasi terbakar/rasa panas yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.
bahaya dampak buruk resiko jika kita langsung tidur setelah sahur. Bagaiman tidur setelah sahur danefeknya tehadap kesehatan

Nabi Muhammad SAW telah memberikan tuntunan bahwa makan sahur jangan ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya jadi sampai menjelang subuh atau waktu imsyak sehingga secara logika maka setelah sahur maka langsung dilanjutkan ibadah Sholat Subuh dan jika setelah sholat subuh dilanjutkan dengan wirid yang cukup panjang maka matahari telah terbit dan sudah waktunya untuk bekerja.

Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur atur saja minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur.



Related Posts

Ini Dampak Langsung Tidur setelah Sahur
4/ 5
Oleh