7 Ciri dan Tanda Wanita itu Hamil

Kehamilan bagi seorang wanita merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan dan ditunggu tunggu terutama bagi pasangan yang baru menikah dan menginginkan buah hati. tak terkecuali untuk mereka yang sudah bertahun-tahun menunggu saat hamil. Namun ada pula yang menganggap kehamilan sebagai "neraka". Upss gak perlu deh kita bahas yang ini. Kita akan bahas beberapa cara mengetahui wanita yang sedang hamil dan ciri-ciri khas bahwa seseorang itu hamil.

Kehamilan terjadi karena adanya proses pembuahan di dalam rahim, yaitu bertemunya sel sperma dengan sel telur di dalam ovarium. Bisa terjadi karena hubungan badaniah maupun proses bayi tabung.

tanda orang hamil


Nah bagaimanakah tanda-tanda orang yang sedang hamil?

1. Tanda yang nyata dan utama adalah terlambat datang bulan/haid. Terlambat haid terjadi karena proses pembuangan sel telur yang mati tidak terjadi lagi di dalam indung telur. 3 hari saja seorang wanita tidak haid bisa dipastikan ia sedang hamil, dengan catatan setiap bulannya haidnya selalu teratur.

2. Tanda yang kedua adalah merasa mual / tidak tahan jika tercium bau-bau menyengat, misalnya saat tercium bau bawang. Hal ini bisa terjadi hingga bulan ke 4 masa kehamilan.

3. Perasaan mual bahkan sampai muntah di pagi hari, biasa disebut morning sickness. Ini terjadi karena peningkatan hormon Human chorionic Gonadotrophin dalam tubuh

4. Payudara terasa lebih kencang, gatal / semacam alergi, terasa nyeri jika disentuh pada area tertentu

5. Pembesaran area pinggul wanita. 

6. Sulit mengontrol emosi, mudah marah, galau, perubahan mood.

7. Terjadi sembelit dan perasaan ingin buang air kecil menjadi lebih sering.


Tanda-tanda di atas adalah ciri khas dilihat dari segi fisik dan psikis seorang yang kemungkinan hamil. Untuk memastikan kita itu positif hamil atau tidak, ada beberapa cara. 

Cara pertama yaitu dengan tes urin. Tes urin merupakan uji kehamilan yang paling mudah dan murah. Tes urin dilakukan dengan membeli alat yang cukup murah untuk mengetahui kehamilan. Harganya cukup murah dan banyak ditemukan di apotik dan toko obat. Caranya pun cukup mudah, tampung urin saat BAK di pagi hari di wadah khusus, celupkan alat tes kehamilan, tunggu 1-2 menit maka hasilnya akan ketahuan.

Cara kedua dan ketiga ialah dengan uji darah dan USG (ultrasonografi). Nah untuk cara ini tentu saja dokter sendiri yang tahu. Karena perlu alat dan ketrampilan medis khusus.




Related Posts

7 Ciri dan Tanda Wanita itu Hamil
4/ 5
Oleh