Kolom Agama Di KTP Boleh Dikosongkan

Dulu masalah pengosongan kolom agamadi KTP sempat menjadi pro kontra di masyarakat. Namun kali ini akhirnya pihak Kemendagri membuat keputusan bahwa kolom agama di KTP boleh dikosongkan.

Adapun alasan Mendagri adalah  pengosongan kolom agama di KTP merupakan bentuk kebebasan beragama dan berkeyakinan bagi kelompok keyakinan di luar enam agama resmi. Jadi kebijakan pencantuman agama ini berlaku bagi warga yang berkeyakinan enam agama yang diakui sedangkan yang berkeyakinan lain boleh tidak mencantumkan agama.


Mendagri menjelaskan, KTP itu nyawa bagi warga negara. Mereka membutuhkan KTP untuk mengurus paspor, urusan perbankan, SIM, dan pendidikan. "Kebijakan kami tetap mendata keyakinan mereka, tetapi kolom agama mereka dikosongkan, kecuali warga tersebut berkeyakinan sesat dan terselubung," jelas dia.

Terkait masalah e-KTP juga, sebanyak 254 juta penduduk Indonesia tiga juta belum memiliki e-KTP dan delapan juta e-KTP ganda dengan berbagai alasan yang diberikan oleh pemerintah daerah setempat. Dia juga berharap tahun 2016 ini KTP untuk anak-anak segera selesai dan 2017 seluruh penduduk dapat terdata dengan baik.



Related Posts

Kolom Agama Di KTP Boleh Dikosongkan
4/ 5
Oleh